Minggu, 13 Maret 2011

PROFIL PAGUYUBAN SENI REOG (PASER) JAWA BARAT


PROFIL
PAGUYUBAN SENI REOG (PASER)
JAWA BARAT

Paguyuban Seni Reog (Paser) Jawa Barat adalah organisasi kemasyarakatan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Organisasi ini dibentuk pada tahun 2002 oleh para seniman reog se Kota Bandung, dan baru disyahkan sebagai organisasi Seniman Reog se Jawa Barat pada tanggal 24 Pebruari 2004 dengan Badan Hukum Yayasan melalui Notaris Diastuti, SH Nomor: 73. Untuk memenuhi tuntutan dan perkembangan organisasi, di Notaris yang sama, pada tanggal 4 Pebruari 2009 diadakan perubahan dari Yayasan Paguyuban Paser Jawa Barat menjadi Paguyuban Paser Jawa Barat Nomor: 03 (Fc. Akta awal dan Akta Perubahan terlampir).

Organisasi Paguyuban Seni Reog Jawa Barat memiliki dasar kesamaan baik dalam kegiatan maupun fungsi dengan tujuan secara umum adalah: meningkatkan harkat dan martabat kesenian Sunda, khususnya reog dengan harapan dapat meningkatkan tarap hidup/kesejahteraan para penggarap seni reog se Jawa Barat.

Sifat organisasi Paser Jawa Barat secara khusus menggarap bidang seni reog, namun demikian pada prakteknya seluruh jenis kesenian yang ada di Jawa Barat, (Sunda) dipelihara, dilaksanakan dan dikembangkan oleh Paser Jawa Barat.

Organisasi kemasyarakatan Paser Jawa Barat  memiliki NPWP (dalam proses). Periode kepengurusan Paser Jawa Barat selama tiga tahun dan sampai saat ini telah terjadi tiga kali pemilihan, sehingga periode yang sedang berjalan saat ini adalah masa bhakti 2010 – 2013 dengan Ketua: Endang Taryana, Sekretaris Rukman Dede dan Bendahara: Nina Herlina. Selain pengurus sebagaimana disebutkan di atas, secara struktural Paser Jabar dilengkapi pula dengan bidang-bidang yang dipandang perlu untuk itu (Struktur organisasi terlampir).

Paser Jawa Barat menempati secretariat Sementara di Jl. Bbk. H., Tamim No. 4 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung, Telp. (022) 7231688 HP 081 320 404 833 yang didukung dengan fasilitas sekretariat yang cukup memadai untuk aktivitas organisasi.

Kepengurusan organisasi ini berpusat di Bandung – Jawa Barat dan memiliki Cabang/Ranting di kabupaten/kota yang saat ini telah terbentuk 14 Cabang dengan jumlah anggota 200 orang.

Kegiatan yang telah kami laksanakan antara lain, Rampak Reog Terbanyak se Jawa Barat dan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekord Indonesia (MURI) pada tanggal 18 Agustus 2008;- Festival Seni reog se Jawa Barat di Purwakarta dan pemberian uang Kadedeuh bagi seniman reog yang telah ujur pada idul fitri tahun 2010.

Demikian profil singkat organisasi kami.
Paser Jawa Barat
                                                           

ENDANG TARYANA                                                                                 RUKMAN DEDE
       Ketua                                                                                                                 Sekrearis

4 komentar:

  1. Mang Didi... manwi aya Facebook na...??? hoyong sharing ieu teh.... hatur nuhun....

    BalasHapus
  2. mun aya mah reog istri di jawa barat
    mun sagara aya na di sukabumi

    BalasHapus
  3. saya asli ponorogo, saya mau ikut melestarikan reog terutama di bandung, sya mau ikut komunitas ini boleh??

    BalasHapus
  4. Saya merindukan abah endang taryana.

    BalasHapus